KENAPA KITA MEMPERJUANGKAN UPAH SEKTORAL SEPATU..?

2017-11-13 14:55:42

Buruh pabrik sepatu yang tergabung menjadi anggota Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit – Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SP TSK SPSI) di 3 (tiga) perusahaan yaitu PUK SP TSK SPSI PT.GSI 1 Cikembar, PUK SP TSK SPSI Pratama Abadi-JX dan PUK SP TSK SPSI PT. GSI Sukalarang tetap berkomitmen untuk memperjuangkan upah sektoral sepatu tahun ini.

Tuntutan untuk diberlakukannya upah sektoral sepatu di Kabupaten Sukabumi bukanlah tanpa alasan, Karena perusahaan atau pabrik sepatu yang ada di Kabupaten Sukabumi yakni PT.GSI 1 Cikembar, PT. Pratama Abadi-JX dan PT. GSI Sukalarang bukan perusahaan yang memproduksi sepatu ‘’Merk Ecek ecek’’, melainkan pabrik sepatu yang memproduksi sepatu merk-merk Internasional yaitu sepatu merk NIKE dan ADIDAS.

Buruh atau karyawan pabrik sepatu di 3 perusahaan sepatu tersebut belum tentu bisa membeli sepatu Merk Adidas dan Nike karena harganya yang selangit, dan hanya bisa menyaksikan sepatu sepatu yang kita produksi dengan merk Adidas dan Nike tersebut dipake oleh atlit atlit berkelas internasional seperti Christiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Sementara buruh pabrik yang  memproduksi sepatu Merk Adidas dan Nike di perusahaan yang ada di Kabupaten Sukabumi yaitu PT.GSI 1 Cikembar, PT. Pratama Abadi-JX dan PT. GSI Sukalarang hanya diberi upah dengan upah murah jauh dari upah layak.

Setiap kali serikat pekerja/serikat buruh mengajukan upah sektoral sepatu selalu saja ada alasan yang disampaikan pengusaha atau mereka yang mewakili pengusaha, Perusahaan sedang susah lah, perusahaan sedang rugi lah dan seabreg alasan lain yang kadang tidak masuk akal,  bahkan tidak jarang ketika adanya tuntutan adanya upah sektoral sepatu, pengusaha atau asosiasi yang mewakili pengusaha mengancam akan memindahkan perusahaan dari Kabupaten Sukabumi.

Sementara ketika menyampaikan kondisi rugi atau kondisi sulit, perusahaan tidak pernah transparan menyampaikan berapa rugi atau laba yang mereka dapatkan, berapa keuntungan yang mereka dapatkan dari selisih nilai tukar, karena perusahaan dibayar oleh buyer tidak mungkin dengan nilai rupiah tapi dengan nilai dollar.

Apapun alasan yang disampaikan, tapi kita menangkap beberapa tahun ini tidak ada itikad baik dari pengusaha sector sepatu untuk menyepakati upah sektoral sepati di Kabupaten Sukabumi. Kita memang butuh investor, dan kita memang butuh pekerjaan, tetapi bukan berati kita bisa terus menerima upah murah dengan segala daya upaya yang sulit kita terima dengan akal sehat.

Kalau tahun ini ada lagi ocehan para wakil pengusaha yang mengancam akan hengkang dari Kabupaten Sukabumi maka kita tidak bisa menghalanginya, kalau memang Adidas dan Nike tetap bersikukuh untuk menerapkan politik upah murah di Kabupaten Sukabumi.

Tahun ini kita tidak hanya menuntut perusahaan-perusahaan tempat kita bekerja yang memproduksi Sepatu Merk Adidas dan Nike untuk menerapkan upah sektoral di Kab. Sukabumi. Tapi kita juga akan meminta pertanggungjawaban terhadap perusahaan berkelas Internasional NIKE dan ADIDAS apabila masih memberlakukan politik upah murah di Kabupaten Sukabumi.

 

Akankah anda ikut dalam barisan untuk memperjuangkan nasib kita sendiri untuk diberlakukannya upah sektoral sepatu ?

Atau akan tetap hanya diam dan tunduk pada politik upah murah yang diberlakukan NIKE dan ADIDAS ?

 

INFO TERBARU

PESTA RAKYAT 2019

Kegiatan Pesta Rakyat ini merupakan agenda rutin setiap tahun, sebagai puncak acara dari rangkaian kegiatan TUBAGUS. Didalam pesta rakyat ini selalu diadakan perlombaan perlombaan khas 17 agustus yang selalu…

FESTIVAL 1 MUHARRAM 1441 H

Festival 1 Muharram merupakan program yang di usung oleh Bidang Kerohanian PUK SP TSK SPSI PT GSI 1 Cikembar, sama hal nya dengan kegiatan TUBAGUS kegiatan FESTIVAL 1 Muharram…

TUBAGUS CHAPTER 3

Turnamen tujuh belas agustus (TUBAGUS) tak terasa sudah menginjak tahun ketiga, antusias anggota yang terus meningkat memicu kami untuk terus melaksanakan kegiatan ini di setiap tahunnya.

Berkat kerja…

VIDEO TERBARU

Video : Gema Ramadhan 2017

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh berkah, rahmat nikmat dan ampunan dari Allah SWT.

Pada bulan Ramadhan, Allah menjanjikan pahala yang berlipat ganda kepada hamba-Nya. Seorang muslim sangat…

Video : Pembagian Takjil Untuk Karyawan PT. GSI 1 Cikembar

Dalam Rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan kami PUK SP TSK SPSI PT GLOSTAR INDONESIA 1 CIKEMBAR dalam hal ini Bidang Pemberdayaan Perempuan, mengadakan acara ‘PEMBAGIAN TAKJIL GRATIS’ untuk karyawan PT…

Video : Santunan Anak Yatim

Indahnya berbagi adalah salah satu ajaran Islam yang mengajarkan kepada para pemeluknya untuk saling membantu sesama saudaranya, terutama membantu yang sedang dalam keadaan kesusahan dan kesempitan hidup. Mereka yang kedaannya…